Our Teacher Profiles


Syarat umum tenaga pengajar di Thursina International Islamic Boarding School harus mampu menjadi murabbi/murabbiyah sejati, pendidik yang inovatif, konselor yang penuh empati dan menjadi sumber inspirasi dan referensi bagi santri. Di Tazkia, guru harus mampu bertindak sebagai murabbi/murabbiyah dengan karakteristik sebagai berikut:

1. Memiliki keikhlasan dan motivasi (ghirah) pendidik yang tinggi, dengan indikator:

  • Bekerja dengan ikhlas karena mengharap keridhaan Allah
  • Bekerja dengan ikhlas karena ibadah kepada Allah
  • Bekerja dengan ikhlas karena menjalankan perintah Allah (berda’wah)
  • Bekerja dengan penuh semangat (antusias)
  • Bekerja dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi
  • Bekerja dengan sebaik-baiknya


2. Memiliki pemahaman dan amalan keIslaman yang baik, dengan indikator:

a. Meyakini dan melaksanakan Rukun Iman:

  • Beriman kepada Allah SWT
  • Beriman kepada para Malaikat
  • Beriman kepada kitab-kitab Allah
  • Beriman kepada para Rasulullah
  • Beriman kepada kebenaran hari kiamat dan pembalasan
  • Beriman kepada kebenaran qadha dan qadar


b. Memahami dan melaksanakan Rukun Islam:

  • Beragama Islam dengan mengucapkan dan meyakini dua kalimat syahadat
  • Memahami dan melaksanakan sholat lima waktu sesuai dengan syarat dan rukun yang benar
  • Memahami dan melaksanakan zakat (fitrah, mal, profesi) sesuai dengan syarat dan rukun yang benar
  • Memahami dan melaksanakan puasa Ramadhan sesuai dengan syarat dan rukun yang benar
  • Memahami dan melaksanakan ibadah haji ke Baitullah sesuai dengan syarat dan rukun yang benar


c. Memahami dan melaksanakan amalan ibadah Sunnah:

  • Memahami dan melaksanakan ibadah sholat sunnah sesuai dengan syarat dan rukun yang benar, meliputi: (1) Sholat Sunnah Rawatib, (2) Sholat Sunnah Tahajjud, (3) Sholat Sunnah Hajjat, (4) Sholat Sunnah Tasbih, (5) Sholat Sunnah Dhuha, (6) Sholat Sunnah Istikharah (7) Sholat Sunnah Gerhana, (8) Sholat Ied (9) Sholat Sunnah lainnya yang dianjurkan dalam Al-Qur’an dan Al-Hadist
  • Memahami dan melaksanakan ibadah puasa sunnah sesuai dengan syarat dan rukun yang benar, meliputi: (1) puasa setiap hari Senin dan Selasa, (2) Puasa Nabi Dawud, (3) Puasa hari Arafah, (4) Puasa Hari Asyura, (5) Puasa Syawwal dan (6) Puasa Sunnah di Bulan Muharram/Rajab
  • Membaca, memahami dan menghafal Al-Qura’an dan surat pilihan (minimal Juzz 30, surat Yasin, surat Al-Waaqi’ah, surat Al-Kahfi, surat As-Sajadah, surat Al-Mulk, surat Muzammil dan surat An-Naba’)
  • Membaca, memahami dan menghafal Al-Hadist Arba’in An Nawawiyyah
  • Membaca dzikir setelah ibadah sholat wajib


3. Memiliki karakter dan kepribadian Nabawwiyah, dengan indikator:

  • Senantiasa menjaga wudhu
  • Senantiasa mengucapkan salam
  • Senantiasa berbaik sangka (husnudhon)
  • Penuh kasih sayang, sopan dan menghargai sesama
  • Menjunjung tinggi kebenaran dan kejujuran (shiddiq)
  • Memiliki wawasan keilmuan yang mendalam dan luas (fathonah)
  • Memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi (amanah)
  • Memiliki jiwa pemimpin dan semangat berda’wah dengan cara yang baik (tabligh)
  • Berpenampilan dan berbusana rapi dan bersih


4. Memiliki penguasaan materi yang baik dan strategi mengajar yang inovatif dan bermakna, dengan indikator:

  • Memahami konsep materi dengan baik sesuai dengan disiplin keilmuan dan jenjang pendidikan (Hafal minimal 15 juzz untuk tahfidz, SMP untuk kurikulum nasional dan Cambridge Secondary 1 untuk kurikulum Internasional)
  • Mampu mengaitkan dan menerapkan konsep materi dalam kehidupan sesungguhnya
  • Memahami pendekatan (approaches) dan strategi mengajar (teaching strategies) yang inovatif dan bermakna sesuai dengan disiplin keilmuan masing-masing
  • Mampu menerapkan pendekatan dan strategi mengajar yang inovatif dan bermakna dalam proses kegiatan belajar-mengajar


5. Memiliki kemampuan mengintegrasikan materi ajar dengan nilai-nilai keislaman, dengan indikator:

  • Mampu memahami keterkaitan antar konsep materi ajar dengan konsep ajaran Islam baik yang terkandung dalam Al-Qur’an, Al-Hadits dan Ijtihad para ulama
  • Mampu mengintegrasikan materi ajar dengan konsep dan nilai Islam dalam proses kegiatan belajar mengajar
  • Mampu memperkuat keimanan santri dengan mengintegrasikan konsep materi dengan nilai-nilai ajaran Islam dalam kegiatan belajar mengajar
  • Mampu membentuk akhlaqul karimah santri dengan dengan mengintegrasikan konsep materi dengan nilai-nilai ajaran Islam dalam kegiatan belajar mengajar


6. Memiliki pemahaman konsep pendidikan (pedagogy), psikologi belajar dan perkembangan santri yang baik, dengan indikator:

  • Memahami konsep ta’dib, ta’lim dan tarbiyah dalam Islam
  • Memahami konsep psikologi tahapan perkembangan dan permasalahan santri
  • Memahami konsep multiple intelligent dan gaya belajar (learning styles) santri
  • Mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan konsep pendidikan Islam
  • Mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan tahapan perkembangan santri
  • Mampu mengatasi permasalahan belajar santri
  • Mampu menerapkan pembelajaran sesuai dengan tingkat kecerdasan dan gaya belajar santri


7. Memiliki kemampuan komunikasi yang santun dan efektif dalam bahasa Indonesia, bahasa Arab (diniyah dan tahfidz) dan Inggris (akademik), dengan indikator:

  • Menguasai 1000 kosa kata bahasa Inggris pilihan (English vocabularies) bagi guru akademik
  • Menguasai 1000 kosa kata bahasa Arab pilihan (mufrodad) bagi guru diniyah dan tahfidz
  • Menguasai struktur bahasa Inggris pilihan (grammar) bagi guru akademik
  • Menguasai struktur bahasa Arab pilihan (nahwu dan shorof) bagi guru diniyah dan tahfidz
  • Mempunyai sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 450 (bagi guru akademik)
  • Mempunyai sertifikat tes penguasaan bahasa Arab (bagi guru diniyah dan tahfidz)
  • Mampu menggunakan bahasa Indonesia dalam proses belajar mengajar dan interaksi sosial di sekolah baik tulis maupun lisan secara efektif dan benar.
  • Mampu menggunakan bahasa Arab (bagi guru diniyah dan tahfidz) dan bahasa Inggris (bagi guru akademik) dalam proses belajar mengajar dan interaksi sosial di sekolah baik tulis maupun lisan secara efektif dan benar.


8. Memiliki kemampuan menggunakan teknologi informasi secara efektif, dengan indikator:

  • Mampu mengoperasikan komputer atau laptop dengan sistem operasi windows 7 atau 8.
  • Mampu mengoperasikan program berbasis windows dengan baik dan efektif, meliputi: Ms. Word, Ms. Excel dan Ms. Power Point, pengetikan, file management, media dan grafik, presentasi dan pengeprinan dan scanning dokumen.
  • Mampu mengoperasikan program berbasis jaringan internet dengan baik dan efektif, meliputi: Pencarian dokumen (search angine), mengirim dan menerima Email, membuat website pribadi.
  • Mampu mengoperasikan teknologi untuk keperluan tugas administrasi guru, meliputi: Penyusunan silabus, RPP, worksheets, penilaian, soal ujian dan laporan (raport).
  • Mampu mengintegrasikan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar, meliputi: presentasi, videos, audio, photo story, kolaborasi tugas siswa (google docs), blogs dan mind mapping.
  • Mampu mengoperasikan sistem informasi akademik dan manajemen pembelajaran siswa.
  • Memahami kode etik dan aturan penggunaan teknologi secara umum dan di Tazkia, meliputi: undang-undang IT, copyrights, plagiarism (mencontek), kejahatan online (cyber bullying).


PROFIL KAMPUS TENAGA PENGAJAR 2015

  • Pendidikan S3 : 7
  • Pendidikan S2 : 36
  • Pendidikan S1 : 83


KAMPUS

  • Al-Ahgaff University, Yaman
  • Al-Azhar University, Mesir
  • Angeles University Foundation, Filipina
  • Flinders University, Australia
  • Martin Luther University, Jerman
  • Institut Teknologi Bandung
  • Sampoerna University, Jakarta
  • Universitas Islam Malang
  • Universitas Islam Negeri Malang
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Negeri Malang

PONDOK PESANTREN

  • Ponpes Al-Ishlah, Bondowoso
  • Ponpes Darussalam Gontor, Jatim
  • Ponpes Al-Mukmin, Solo
  • Ponpes Nurul Huda, Malang
  • Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang
  • Ponpes Al-Munawwariyah, Malang
  • Darul Lughah Wadda’wah, Bangil
  • Ponpes Modern Al-Amin, Sumenep
  • Ponpes Al-Irsyad, Salatiga

Share this post